Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo! Gimana kabar sahabat sekalian di tengah pandemi virus corona Covid-19 ini? Semoga sehat selalu dan terus di bawah lindungan Yang Maha Kuasa. Jangan lupa sering-sering cuci tangan, jaga kebersihan, #dirumahaja dan social distancing selalu diterapkan, serta mari berdoa terus-menerus agar pandemi ini segera berakhir. Aamiin. Well, langsung saja yah mengingat pandemi virus corona Covid-19 makin jadi dan negara yang hendak #JalanHeru kunjungi di akhir maret ini melakukan kebijakan lock down (18-31/03), sejurus kemudian pihak AirAsia inbox email pembatasan perjalanan yakni ‘Air Asia Cancelled my Flight‘. Nah, ada 3 opsi yang ditawarkan AirAsia yakni:
- Move flight within 180 calender days.
- Credit account to be redeemed within 365 calender days.
- Request for a full refund.
Surat cinta dari AirAsia
Gak pikir panjang, #JalanHeru memilih opsi ketiga yakni Request for a full refund via Chat AVA (Airasia Virtual Allstar) di website AirAsia. Sebelum chat dengan AVA jangan lupa log in terlebih dahulu dan ubah ke bahasa English biar lebih mudah. Oh iya, aku pilih waktu malam sekitar pukul 21.00 (21/03) dan hanya memakan waktu 5 menit proses pengajuan refund. Alhamdulillah.
Berikut Cara Refund Ticket Air Asia karena Covid-19 via Chat with AVA:
- Masuk ke website airasia.com, lalu log in dan pilih bahasa English biar mudah. Terus, klik ‘Chat with AVA’ letaknya di bawah paling kanan. Setelah jendela obrolan AVA terbuka, pilih Covid-19.
- Pilih AirAsia Cancelled my Flight.
- Pilih Refund.
- Masukkan data PNR (kode booking) 6 karakter.
- Masukkan data family name alias nama terakhir.
- Masukkan data given name alias nama depan.
- Masukkan tanggal lahir.
- Masukkan email saat booking tiket.
- Pilih rute yang akan direfund, misal ketik ‘Y’ untuk semua penerbangan.
- Pilih nama penumpang yang akan direfund, misal ketik ‘3’ untuk semua tamu.
- Tuliskan alasan pembatalan yakni ‘Flight Cancellation’.
- Pilih pilihan metode refund, aku pilih Original Mode of Payment.
- Selesai dan kita dapat reference case number alias nomor laporan. Nomor laporan juga dikirim di email. Jangan lupa cek rutin status laporan tersebut di akun AirAsia Big Member.

*NB: Gimana? Mudahkan cara pengajuan refund tiket AirAsia karena pandemi Covid-19 via Chat with AVA? Kalo ada yang mau tanya silakan tulis komentar di bawah dan tetap semangat untuk para pejuang refund tiket di mana pun berada. Jiayou!
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Ehehehe, alhamdulillah, walau ga jadi berangkat, masih rezeki kalau tiket bisa direfund. Beberapa teman cerita pesan via aplikasi third party agak susah merefund-nya.
SukaDisukai oleh 1 orang
Waktu itu malah sempat cerita dengan Mbak Ainun perihal ini dan terima kasih untuk sarannya waktu itu. Alhamdulillah, bisa full direfund, Mbak. Wah, sayang banget kalo pake aplikasi third party agak susah, untung aku langsung book di webnya, Mbak.
SukaDisukai oleh 1 orang
Alhamdulillah ya Kak…tiketnya bisa refund. Walau kecewa perjalanannya tertunda, tapi yang lebih penting adalah menjaga kesehatan dan keselamatan kita, jalan-jalannya diganti lain waktu aja kalo udah aman ya Kak.. Semoga covid-19 ini segera berakhir, Aamiin….
SukaDisukai oleh 1 orang
Iya, Mbak, jalan2nya diganti lain waktu pasca berakhirnya pendemi ini. Yang penting sehat dan selamat
SukaDisukai oleh 1 orang
Di saat seperti ini pasti banyak sekali yang refund tiket dan cancel kegiatan liburannya ya Kak, AA sangat responsif dengan AVA nya. Thank you Kak Heru, informasinya!
SukaDisukai oleh 1 orang
Sama2, Rumi. Semoga bermanfaat dan benar sekali AVA sangat responsif.
SukaDisukai oleh 1 orang
Apakah refund ini berlaku bagi yang ketinggalan pesawat bukan memang sengaja direfund sebelum keberangkatan?
SukaDisukai oleh 1 orang
Gak berlaku untuk yang ketinggalan pesawat, Paci. Kalo kasusnya ketinggalan pesawat hanya bisa refund airport, itu pun refundnya 6 bulan setelah flight
SukaDisukai oleh 1 orang
Wa’alaikumussalam Heru…
Menurutku pihak pelayanan responsif dari pihak Air Asia ini, menunjukkan profesionalitas mereka. Apa lagi bisa 100% uang kembali. Semoga Corona segera berlalu dan kita tetap sehat.
SukaDisukai oleh 1 orang
Iya, profesionalitas AirAsia patut diacungi jempol, Mbak. Mari kita berdoa terus menerus agar Corona ini berakhir!
SukaDisukai oleh 1 orang
betewe kak heru nih nak jalan2 ke mano ye awalnyo? wkwk.. iyo nian lantak covid nih.. haji bae terancam batal. mudah2an wabahnyo kelar pas abes lebaran jd kito biso pegi galo2. hikz
SukaDisukai oleh 1 orang
Ayo tebak nak ke mano? Iyo, semoga pendemi ini cepat kelar dan Moly, dll, dapat melaksanakan haji tahun ini. Aamiin Ya Allah!
SukaDisukai oleh 1 orang
Alhamdulillah bisa refund… Duitnya bisa disimpen dlu buat jalan2 lagi pas kondisi lebih stabil, Insyaallah…aamiinnn
SukaDisukai oleh 1 orang
Nah bener nian, Mbak Lya. Duitnyo disave dulu untuk next trip, hehehe
SukaSuka
Butuh banget ini sebenernya. Tapi…. Aku pesen di agen dan agen gak mau ngurus. Padahal udah kukasih tahu. 😭
SukaDisukai oleh 1 orang
Seharusnya biso agen ngurusnyo, Bim. Udah tanggung jawab mereka, ckckck.
SukaDisukai oleh 1 orang
Dalam banyak hal, maskapai full service kalah sama Airasia dalam pelayanan kayak gini. Sangat ngebantu banget! anti ribet dan mudah dilakukan.
SukaDisukai oleh 1 orang
Nah bener nian, Kak. Anti ribet dan biso full refund meski ini tiket promo 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
aku udah lama banget nggak terbang dengan Air Asia 😦 kangen buat melalang buana kembali 😦
postingan ini pasti bermanfaat banget buat teman-teman yang mau reschedule.
SukaDisukai oleh 1 orang
Wah, semoga next trip bisa terbang bareng dengan AirAsia lagi, Kak. Apalagi kalo free, hehehe.
SukaDisukai oleh 1 orang
Boleh nih tipsnya, kalo semisal temen-temen ada yang mendadak batalin jadwal keberangkatan dan mau mengajukan refund. Soalnya kadang banyak temen saya yang kebingungan kalo mau refund huh
SukaDisukai oleh 1 orang
Silakan dibagi tahu teman2nya, Kak. Semoga postingan ini bermanfaat
SukaDisukai oleh 1 orang
Enak ya kalau bisa rescheduled
Aku pesan hotel ga bisa direscheduled.
Entah kapan wabah covid ini akan berlalu, habis itu mau jalanjalan pake air asia betulan
SukaDisukai oleh 1 orang
Aku malah pilih full refund, Kak. Kalo schedule takut gak pas waktunya dan pendemi ini gak tahu kapan berakhirnya. Kalo pendemi ini berakhir, ayo terbang lagi bareng AirAsia, Kak.
SukaDisukai oleh 1 orang
Saya sudah mengajukan refund dari tanggal 06 April 2020, saya cek status kasusnya seperti ini terus:
Status: Proses Bank Tertunda
Pesan: Mohon tunggu hingga 15 hari kerja bagi bank Anda untuk memproses pengembalian dana Anda.
Kalau seperti itu kenapa ya kak? Sudah pernah mengalami belum? Saya harus konfirmasi kemana ya? Karena coba hub ke call center air asia tidak bisa terhubung. Bantu infonya 🙏🙏
SukaSuka
Aku belum pernah ngalaminya, Kak. Lebih baik tunggu 15 hari kerja, jika 15 hari kerja belum dapat notif, segara live chat with AVA yah
SukaSuka
brapa lama masa berlaku tiket hasilrefund mas heru ?
SukaSuka
360 hari, Kak
SukaSuka
setelah pengajuan refund berapa hari muncul di account BIG kita mas heru ? saya pengajuan mulai hari senin tgl 18 mei kemaren belum muncul ya
SukaSuka
Kalo cepat seminggu, kalo lama sebulan. Tergantung respon AirAsianya, Kak
SukaDisukai oleh 1 orang
terima kasih, postingannya membantu sekali 🙂
SukaSuka
Sama2, Kak 🙏
SukaSuka
mas heru, dana refundnya sudah masuk ke rekening mas ? saya uda mendapat email yg berisi nomer kasus sejak 19 maret 2020, tapi sampai skrg status kasus nya masih : sedang berlangsung. Pengen tau jadinya yg org2 lain dg kasus yg sama sudah pd dbalikkin blm ya dananya?
SukaSuka
Kalo ke credit account AirAsia banyak yang udah dibaliki, kalo ke original payment atau rekening bank masih berlangsung sampe skrg. Aku pun juga
SukaSuka
mas heru saya mau cancel penerbangan diagustus apakah bisa dilakukan saat ini krn saat ini yg saya tau baru bisa cancel untuk penerbangan sampai juni saja dan apakah benar akan dikreditkan semuanya ke kita?
mohon dibantu dijawab ya mas
terima kasih
SukaDisukai oleh 1 orang
Saran saya kalo penerbangan di Agustus lebih baik tunggu email pemberitahuan cancelation, Kak. Kalo udah dapet emailnya langsung ajukan refund
SukaSuka
Sore bang. Kalo statusnya sedang berlangsung dari dua hari terakhir ini, kapan bakalan masuk ke akun kreditnya?
SukaDisukai oleh 1 orang
Tunggu aja dapet nanti dapet email dari Air Asia, paling lama 3 bulan, paling cepet seminggu
SukaSuka
siang kak heru , saya sudah dapat email balasan dari airasia
We’re pleased to inform you that your refund request to your credit account is successful. You can check the balance and details by logging in to your BIG Member account.
Your credits will expire on 02 July 2022. Remember to log in to your BIG Member account to do your flight booking and add-ons BEFORE the expiry date. You can use your credits for yourself or others as long as you’re logged in. The credits cannot be used on the AirAsia Mobile App.
tapi saldo creditnya belum masuk, memang gitu ya?
SukaDisukai oleh 1 orang
Email balik aja, Kak Air Asia-nya.
SukaSuka
Selamat sore mas,
Email air asia yang aktif yang mana ya? saya selalu dapat email dari air asiayg no-reply.
Saya punya masalah yang sama. Mengajukan refund 18 maret 2020, dengan keterangan proses dilakukan 16-18 minggu. Dapat email kembali pada tanggal 19 Mei, dengan keterangan bahwa proses berjalan sejak email tsb diterima selama 16-18 minggu, tetapi sampai hari ini belum dapat full refundnya, status sudah closed.
Saya kurang suka komunikasi dengan AVA karena jawabannya template.
Oh ya, apakah mas heru telah mendapatkan dana full refund dari air asia?
SukaSuka
Email Air Asia yang aktif itu yang digunakan untuk buka akun, Mas. Coba refund jadi Akun Kredit, Mas, kalo gak bisa full refund. Biasanya Alun Kredit berlaku selama 2 tahun karena pendemi ini.
SukaSuka
Coba cek ulang lagi, masuk biasanya, Kak di saldo kredit akun AA-nya
SukaSuka
Mas heru mau nanya tlg d jawab
kalo masih statusnya “closed” knapa ya
SukaSuka
Kayaknya udah ditutup laporannya, Mas. Jika dapet email dari AA, bisa refund ulang dalam bentuk masuk ke Akun Kredit Air Asianya Mas
SukaSuka
Hallo Mas Heru,
saya nanti december akhir ada booking hotel dan flight terpisah karena oct kemarin sedang ada promo, lalu mendadak mikir ulang karena perubahan cuti panjang yang masih gak jelas ini. Mau tanya Mas Heru, better refund ke rekening bank atau ke account credit ya biar amannya, karena saya gak begitu ngerti 😀 terima kasih sebelumnya …
SukaDisukai oleh 1 orang
Kayaknya skrg gak bisa lagi Kak refund ke rekenin bank. Saran saya lebih aman refund ke account credit yah, biasanya berlaku 720 hari atau 2 tahun
SukaSuka
halo mau tanya barangkali tau, untuk pembelian satu kode booking dengan 3 nama penumpang bagaimana mengisi nama tanggal lahir nya ya, krn coba chat dgn AVA selalu tidak cocok jawabannya
SukaSuka
Coba perhatikan format tanggal lahirnya, Kak. Mungkin ada yang keliru
SukaSuka