Cara Naik LRT Sumsel dari Terminal Plaju ke Palembang Icon (Hanya 5k)

Tungu-tunggu, kalo baca dari judulnya kok bisa naik LRT dari Terminal Plaju? Sedangkan stasiun LRT paling dekat dengan Kecamatan Plaju ialah Stasiun LRT DJKA (Direktorat Jenderal Perkeretaapian). Tenang, sekarang sudah ada angkutan kota feeder LRT dengan rute Terminal Plaju melewati Simpang Empat Bakaran, sepanjang jalan Tegal Binangun, OPI Mall dan berakhir di bawah Stasiun DJKA.

Yuk ikutan caranya:

1. Dari rumah saya di Sungai Pinang diantar adik ke Terminal Plaju. Bisa juga naik angkot Meritai-Terminal Plaju atau angkutan online.

2. Tunggu beberapa saat sampai feeder LRT datang. Lalu masuk dan pilih tempat duduk. Sopirnya menyapa ramah.

3. Feeder LRT dilengkapi fasilitas AC dan CCTV. Kursi penumpangnya empuk dan nyaman. Saat itu, penumpang hampir penuh.

4. Gak hanya penumpang dengan tujuan naik LRT saja yang boleh naik feeder, orang yang menumpang ke sembarang tempat juga boleh, asal naik dan turun di plank bertuliskan STOP Angkot Feeder LRT. Feeder juga selalu rutin stop di tempat ini, meskipun penumpang sudah penuh.

5. Angkot feeder berakhir di Stasiun DJKA. Gratis. Sempat ngobrol dengan sopirnya ternyata mereka digaji perbulan. Jadwal pulang-pergi feeder juga disesuaikan dengan jadwal LRT.

6. Lalu saya naik eskalator ke atas Stasiun LRT.

7. Bagi yang mau cash bisa beli tiket di Loket Ticket Counter KAI, biaya ke Stasiun Bandara Rp 10.000 sedangkan tujuan bukan Stasiun Bandara hanya Rp 5.000 saja. Bagi yang mau cashless bisa menggunakan e-money seperti yang saya lakukan.

8. Setelah mendapatkan tiket, penumpang menuju gate masuk, lalu taping tiket atau e-money.

9. Lima menit sebelum trainset tiba, penumpang diminta menunggu di ruang tunggu. Fasilitas yang ada sangat lengkap antara lain tempat duduk yang nyaman, stand UMKM yang menjual berbagai macam barang dagangan, toilet pria-wanita-disabilitas, ruang alat kebersihan, ruang Kesehatan, ruang menyusui, ruang janitor, ruang keamanan dan mushola.

10. Penumpang diperbolehkan naik ke peron 5 menit sebelum keberangkatan LRT. Kebetulan penumpang yang naik dan turun LRT hari ini ramai. Penumpang yang keluar kereta didahulukan. Setelah semua penumpang keluar habis, barulah penumpang masuk ke kereta. Semua tertib dan lancar.

11. Trainset LRT terdiri dari tiga gerbong dengan tempat duduk yang nyaman dan empuk. Fasilitas kereta lengkap mulai dari AC, tempat duduk prioritas, kabin terbuka, pegangan untuk mereka yang berdiri, map rute stasiun LRT, kotak P3K, dan APAR.

12. Selama perjalanan, saya disuguhkan dengan pemandangan indah Kota Palembang dari ketinggian seperti Jembatan Ampera dan Sungai Musi.

13. Perjalanan LRT dari Stasiun DJKA ke Stasiun Bumi Sriwijaya hanya memakan 18 menit saja. Setelah tiba, penumpang keluar kereta dan turun ke bawah melalui lift, tangga, dan eskalator.

14. Fasilitas yang ada di ruang tunggu Stasiun Bumi Sriwijaya mirip dengan Stasiun DJKA. Yang buat spesial adalah adanya ruang kreasi, free charging dan pojok baca publik.

15. Terakhir, saya dan penumpang lainnya menuju gate keluar dan taping tiket untuk keluar stasiun. Yang mau ke Palembang Icon Mall tinggal jalan kaki saja. Selesai.

Tinggalkan komentar